Sejarah Perkembangan Sepakbola Indonesia Era 90’an -2000’an

0 Comments

sejarah perkembangan sepakbola indonesia

sejarah perkembangan sepakbola indonesia

Baru-baru ini para pecinta sepakbola tanah air digemparkan dengan kemunculan timnas U-16. Anak-anak muda nan bertenaga, ngotot, dan berani tampil beda yang menyatu dalam keindaham permainan sepakbola Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Timnas U-16 memang seakan menjadi pelipur lara bagi pesepakbolaan Indonesia yang tak kunjung membaik dan belum mampu mengobati rasa dahaga dan lapar akan gelar juara. Kalau melihat beberapa waktu ke belakang, sebenarnya kemunculan timnas U-16 bukanlah hal yang baru dalam Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Tim ini memang dipersiapkan untuk berkompetisi di kejuaraan U-16 level internasional. Sebut saja Piala AFF U-16 dan AFC U-16 yang diselenggarakan tahun 2018 kala itu dalam Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Dipimpin oleh pelatih Fakri Husaini kiprah Garuda Muda (julukan U-16) mulai menarik perhatian publik kala berlaga di babak kualifikasi piala AFC tahun 2017 Sejarah perkembangan sepakbola indonesia. Kala itu Indonesia U-16 melakoni 4 pertandingan dengan hasil 4 kemenangan dan menjadikan Indonesia lolos sebagai juara grup G pada ajang yang diselerenggarakan di Thailand.

Pertandingan pertama Indonesia menang 18-0 melawan Mariana Utara Sejarah perkembangan sepakbola indonesia. Dilanjutkan dengan menggasak Timor Leste 3-1, menggulung tuan rumah Thailand 1-0 dan menenggelamkan Laos 3-0.

Penampilan impresif Sejarah perkembangan sepakbola indonesiatersebut terjaga terus menerus bahkan setelah kualifikasi. Indonesia menjadi tim yang sangat ditakuti oleh lawan-lawannya. Kemajuan demi kemajuan dalam diri anak-anak muda tersebut selalu hadir dari waktu ke waktu hingga akhirnya mereka juga mampu menjadi juara di kejuaran Jenesys Cup 2018 usai mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0 Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Penampilan yang impresif ditambah dengan skill olah bola yang mumpuni dan semangat pantang menyerah adalah kunci kesusksesan Indonesia U-16. Tak khayal bersamaan dengan prestasi yang diraih makin banyak pecinta sepakbola tanah air yang mendukung perjuangan Indonesia U-16 di setiap pertandingan Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Mereka tidak hanya disuguhkan rasa nasionalisme tinggi para punggawa U-16 ketika berlaga, namun juga permainan sepakbola indah “tiki-taka” ala Barcelona yang sukses memanjakan mata Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Kecintaan para supporter timnas kepada anak asuh Fakhri Husaini terus menerus mengalir dan tidak pernah usai termasuk ketika Indonesia U-16 berlaga di Piala AFF 2018 yang diselenggarakan di Sidoarjo pada bulan Agustus 2018.

Indonesia waktu itu tergabung di grup A bersama Filippina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Hasil pertandingan yang diraih juga terbilang fantastis. Bagaimana tidak, Mereka tidak terkalahkan selama turnamen berlangsung hingga akhirnya merengkuh gelar juara Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Penampilan apik Garuda Muda diawali dengan membumi hanguskan Filippina 8-0 di babak penyisihan grup A. Pada pertandingan kedua Indonesia berhasil membuat Myanmar tak berdaya dan menyerah dengan skor 2-1.

Sejarah Perkembangan Sepakbola Indonesia 90’an

Kedigdayaan anak-anak muda ini ternyata tidak kunjung berakhir. Pada pertandingan ketiga mereka menghadapi salah satu favorit juara yakni Vietnam. Namun, semnagat pantang menyerah anak-anak muda harapan bangsa ini berbuah manis karena mereka berhasil membuat Vietnam bertekuk lutut dengan skor 4-2.

Penampilan super Garuda Muda Sejarah perkembangan sepakbola indonesiajuga berlanjut di dua laga sisa dengan menenggelamkan Timor Leste dan Kamboja masing-masing dengan skor 3-0 dan 4-0. Hasil 5 kemenangan tersebut menjadikan Indonesia sebagai juara grup A dan lolos ke babak semifinal untuk bersua melawan Malaysia Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Sempat mengalami kesulitan namun akhirnya Indonesia berhasil memetik kemenangan tipis penuh drama 1-0 atas Malaysia. Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF U-16 dan menantang calon kuat lainnya yaitu Thailand U-16 Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Pertandingan seru dan sengit terjadi di partai final. Indonesia sempat memimpin terlebih dahulu sebelum akhirnya disamakan oleh pemain Thailand 1-1 dan skor ini bertahan hingga akhir perpanjangan waktu.

Penentuan juara dilakukan dengan adu tendangan penalti dan Indonesia berhasil menekuk Thailan dengan skor 4-3 dan menjadi juara piala AFF U-16 untuk pertama kalinya dalam Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Penampilan memukau Garuda Muda sepanjang partisipasinya dalam turnamen 1 tahun terakhir memang telah mencengangkan banyak orang. Tidak hanya supporter sepakbola tanah air namun juga dunia Internasional.

Indonesia menjaga asa untuk terus terbang tinggi mengepakkan sayap-sayapnya demi meraih gelar juara. Garuda Muda ini adalah harapan bangsa Indonesia di masa-masa Sejarah perkembangan sepakbola indonesia mendatang.

Maju terus Garuda Muda, terbang tiggi dan raihlah gelar juara!

Sejarah Perkembangan Sepakbola Indonesia 2000’an

Kebanyakan para talenta ini mengalami penurunan performa permainan karena tingginya ekspektasi klub dan para penggeemar Sejarah perkembangan sepakbola indonesiakepada dirinya.

Terlepas dari mereka gagal atau bersinar di liga-liga top Eropa pemain benua latin selalu menghadirkan kisah magis yang luar biasa dalam membumbui setiap persaingan di liga-liga Eropa Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Menjadi pemain muda di klub sepakbola ternama bagaikan dua sisi mata pisau, di satu sisi positif dan di sisi lainnya negatif. Positif karena dapat meningkatkan jam bermain dan memperoleh pengalaman sebanyak-banyaknya sebelum menjadi pemain besar di masa mendatang nanti.

Negative karena kadang ekspektasi yang terlalu tinggi menyebabkan pemain tersebut gagal bersinar dan puncaknya kariernya meredup. Jam terbang adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pemain muda Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Semakin tinggi jam terbang, semakin banyak kesempatan unjuk gigi dan menunjukkan pada manajer klub bahwa sang pemain layak masuk tim utama di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Namun, formasi yang diterapkan oleh seorang pelatih juga mempengaruhi apakah seorang pemain muda masih memiliki “masa bakti” di klub yang bersangkutan. Berikut ada beberapa nama pemain muda yang justru tenggelam karena minimnya jam bermain. Siapa saja mereka? Ini dia daftar Namanya Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Marko Marin Talenta muda Jerman ini adalah salah satu pemain muda yang tenggelam karena ekspektasi yang terlalu tinggi dan kurangnya jam bermain Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Memulai karier di Werder Bremen dan menunjukkan permainan yang mengagumkan, pemandu bakat Chelsea berhasil menemukan talentanya dan memboyongnya ke Chelsea pada 2012.

Dan sebuah ekspektasi tinggi yang disematkan kepadanya rupanya gagal diemban dengan baik. Chelsea yang kala itu dilatih oleh Andres Villas Boas kurang yakin dengan gaya bermain yang dimilikinya.

Selain itu dia juga dirundung cedera yang justru kian memperburuk kondisinya di Chelsea.

Puncaknya pada tahun 2013 dia dipinjamkan ke Sevilla, hingga akhirnya dia menghabiskan masa bermainnya dengan berpindah-pindah klub sebgai pemain pinjaman Chelsea.

Pada akhirnya, kini Marko Marin hanya menghabiskan kariernya sebagai pemain salah satu klub Yunani, Olympiakos. Diakui atau tidak ini adalah degradasi karier.

Memulai karier sebagai pemain Manchester United di usia 18 tahun, kariernya bak roller coaster. Di awal kepelatihan David Moyes, suksesor Sir Alex Ferguson di MU, Adnan mendapat kepercayaan penuh selalu tampil sebagai starter.

Sejarah Perkembangan Sepakbola Indonesia Terbaru

Tercatat dia menjadi salah satu pemain kunci MU di saat itu. Winger lincah ini selalu tampil mengagumkan di setiap pertandingan. Masalah Adnan mulai muncul saat Louis Van Gaal menangani Manchester United. Dia mulai jarang dimainkan, posisinya digantikan oleh gelandang senior Juan Mata.

Antiklimaks karier Adnan di MU terjadi saat dilatih MU dilatih oleh Jose Mourinho. Dia tidak lagi mendapat tempat di skuad MU dan dijual ke Real Sociedad.

Meskipun kini Adnan tetap tampil apik di Liga Spanyol dan masuk sebagai pemain timnas Belgia, rangkaian kariernya cukup untuk menjadikannya sebagai salah satu talenta muda yang tenggelam.

Jebolan akademi La Massia ini merupakan produk asli akademi Barcelona. Skill yang dimiliki dan bakat yang dibawanya semenjak lahir membuat Bojan sebagai anak muda dengan harapan cerah di era sepakbola modern Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Digadang-gadang akan menjadi tandem Lionel Messi di lini serang Barcelona, dia justru meghabiskan waktu bermain sebagai pemain pinjaman. Banyak pengamat menilai gaya bermain Bojan yang tidak cocok dengan gaya main Barcelona.

Usai berpindah-pindah klub dan makin tidak mendapat jam main di Brcelona, Bojan akhirnya menetap  sebagai pemain Stoke City dan berkompetisi di Liga Primer Inggris. Ironisnya, klub yang dibelanya degradasi ke divisi Championship (setara divisi dua) Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Ironis yang harus diterima oleh salah satu talenta terbaik yang gagal bersinar. Jika sudah begini seharusnya klub lebih memperhatikan keberlangsungan karier pemain mudanya di masa depan Sejarah perkembangan sepakbola indonesia.

Daftar Pemain Paling “Kaca” Dalam Sejarah perkembangan sepakbola indonesia

Istilah “kaca” erat kaitannya dengan sesuatu yang mudah pecah. Sama seperti sifat kaca yang langsung pecah ketika menerima benturan dengan benda keras.

Dan ketika kaca Sejarah perkembangan sepakbola Indonesia tersebut sudah pecah tentu perlu ditambal ataupun digabungkan kembali agar fungsi awalnya kembali. Lalu apa kaitan kaca dengan pemain sepakbola?

Merujuk pada definisi di atas maka berhubungan dengan pemain yang rentan sekali dengan cedera, mudah sekali cedera.

Sepanjang gelaran liga sepakbola Sejarah perkembangan sepakbola indonesiadi berbagai belahan dunia ada sejumlah nama yang “bersaudara” dengan cedera. Baik itu cedera jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang. Siapa saja mereka, Inilah dia daftarnya Sejarah perkembangan sepakbola indonesia dalam sejarah sepakbola.

You cannot copy content of this page